Tuesday, July 20, 2010

Tips Menghadapi Kritik

Tips:
Cara Menghadapi Kritik


Menghadapi kritik yang dilancarkan atas hasil kerja anda, memang bukan hal yang mudah. Bisa terjadi anda menangkap kesan bahwa kritik yang ditujukan kepada anda bahkan tidak ada hubungan dengan hasil kerja yang anda tampilkan, tetapi lebih ditujukan kepada diri anda secara pribadi.
Namun ada baiknya anda menghadapi segala macam kritik dengan “kepala dingin”. Jika anada tidak ingin terjebak dan larut dalam emosi anda saat menghadapi kritik, ikuti tips berikut ini :

 Cari umpan balik sesegera mungkin setelah menyelesaikan tugas yang anda kerjakan. Hal ini dimaksudkan untuk menangkal adanya miskomunikasi, serta mencari tahu apakah ada beberapa kesalahan dari pekerjaan anda, sehingga anda siap untuk memberikan penjelasan jika hasil pekerjaan anda dikritik.

 Jika kritik datang bertubi-tubi pada anda, carilah contoh pekerjaan anda dimasa lalu yang membuat anda merasa bangga atau bukti-bukti lain yang menyatakan atas kerja anda. Hal ini dapat menurunkan rasa frustrasi dan meningkatkan rasa percaya diri anda.

 Dengarkan baik-baik segala macam kritik yang datang kepada anda, untuk memastikan bahwa anda sunggguh-sungguh memahami kritik tersebut.
 Jangan otomatis mengartikan kritik yang dilancarkan kepada anda sebagai “benar” atau “salah”. Luangkan waktu untuk menganalisa, apakah kritik tersebut proporsional, sehingga anda layak untuk menanggapi kritik tersebut.

 Buatlah evaluasi terhadap sumber kritik, untuk mengetahui apakah kritik tersebut bersifat konstruktif ataukah dilancarkan hanya sekedar menjatuhkan kredibilitas anda.

 Jangan menerima kritik dengan berdiam diri atau pasif. Anda akan dipandang kurang percaya diri, jika anda tidak melakukan usaha apapun terhadap kritik yang anda terima.

 Jika anda menyadari bahwa anda memang membuat suatu kesalahan, jangan minta maaf secara berlebihan. Akui secara sportif bahwa anda memang bersalah. Jangan pula menutup-nutupi sesuatu kesalahan yang jelas-jelas anda perbuat.

 Jangan menyalahkan diri anda sebagai akibat dari kritik yang anda terima, terlebih-lebih jika anda menganggap diri anda sebagai pecundang. Ambillah sisi positif dari setiap kritik yang anda terima dari orang lain.

 Turunkan suhu emosi anda pada saat menerima kritik. Gunakan bahasa positif sebagai ganti yang negatif, misalnya “Baiklah, mungkin saya memang salah / kurang cermat / kurang hati-hati dalam hal ini. Tetapi belajar dari kesalahan ini saya akan berusaha untuk meningkatkan kinerja saya”.


Selamat Membaca !

Sumber : Majalah Manajemen Manusia
Tanggal 22 Maret 2001

No comments: