Tuesday, July 20, 2010

Jika Anda Harus Mengkritik

Tips:
Jika Anda Harus Mengkritik

Mengkritik, memberitahu orang lain bahwa ia melakukan suatu yang salah, bukanlah hal yang mudah. Seringkali maksud baik berbuntut kurang menyenangkan pada hubungananda dengannya maupun pada semangat dan motivasi kerjanya. Terutama jika ia tidak dapat meneriman kritik anda maupun cara anda menyampaikannya.
Berikut ini adalah beberapa saran untuk memberikan kritik dengan cara memotivasi orang lain untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik :

 Tunjukkan bahwa kritik anda adalah tulus dan tidak ada subjektivitas disalamnya. Apabila kebetulan anda memang pada dasarnya sudah “sentimen” kepada orang orang yang anda kritik, bersikaplah ekstra hati-hati. Jangan sampai ia berpikir bahwa kritik anda hanya mengada-ada.
 Perlihatkan diri anda sebagai seorang guru atau pelatih yang selalu siap menolong. Simpan dalam pikiran anda bahwa anda mencoba untuk memperbaiki seseorang.
 Tunjukkan bahwa anda peduli. Perlihatkan perhatian yang tulus dengan membagi cara-cara keorang lain yang dapat mendorong kesuksesan mereka.
 Pilih saat yang tepat untuk memberikan kritik. Pastikan orang yang akan dikritik tidak sedang dalam kondisi kurang baik atau sedang bersusah hati.
 Hindari pemnyampaian “harus melakukan ini, harus melakukan itu” atau “sudah melakukan ini, sudah melakukan itu”. Kata-kata “harus” membuat anda terlihat seperti seorang yang kaku dan sok tahu.
 Hindari pemberian kesan bahwa anda lebih perhatian dengan memberikan pujian yang berlebihan daripada membantu orang lain dalam berkembang.
 Tunjukkan bagaimana orang lain akan mendapat keuntungan dengan mengikuti langkah-langkah yang anda sarankan.
 Berikan saran yang spesifik. Saran yang samar-samar hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk dengan menimbulkan kegelisahan dan penuh keragu-raguan.
 Satu hal yang penting : pastikan anda dapat menerinma kritikan atas diri anda sendiri. Kalau tidak, lebih baik anda tidak pernah melontarkan kritik pada orang lain.


Sumber : Majalah Manajemen Manusia
Tanggal Maret 2001

No comments: