Tuesday, July 20, 2010

Menjadi Pemimpin Berorientasi Result

Tips :
"Menjadi Pemimpin Berorientasi Result"


Apa yang menjadi tolok ukur keberhasilan seorang pemimpin ? Anak buah yang happy dan menjadi sosok pemimpin yang populer ? Tegas mengambil keputusan ? Siap mendengar keluhan dan memecahkan masalah anak buah ?
Barangkali anda sependapat dengan kriteria diatas. Tetapi rasanya bukan itu tolok ukur akhirnya. Apa yang disebutkan diatas barangkali lebih tepat disebut kriteria, sifat atau karakteristik dari seorang “pemimpin ideal”.
Katakanlah semua anak buah anda merasa senang dengan pekerjaannya, “problem free”, patuh kepada atasannya, namun dilain fihak ketika anda melihat hasil kerjanya, anda tidak merasa sesenang mereka karena hal-hal seperti : Kualitas hasil pekerjaannya yang tak kunjung membaik, Dead lin” yang terlewati terus, Human error yang terlalu kerap terjadi; dan sebagainya, Apakah atasan anda akan melihat anda sebagai seorang pemimpin yang berhasil ? Jawabnya tentu tidak.
Keberhasilan memang sering ditimbang dari hasil akhir, bukan karena prosesnya. Bagaimanapun perfect-nya anda menerapkan gaya kepemimpinan anda, bagaimanapun harmonisnya hubungan dalam team kerja anda, hal itu tidak akan diapresiasi apabila hasil akhir dari kelompok anda tidak memenuhi standar yang ditetapkan.
Karenanya mulailah memcoba untuk memfokuskan orientasi anda pada hasil akhir (walaupun sudah tentu anda tidak bisa mengabaikan sepenuhnya proses kerja yang terjadi).

Simak tips dibawah ini agar anda menjadi seorang pemimpin yang berorientasi “result” :
Mulailah melangkah dengan fokus yang absolut terhadap hasil akhir kelompok kerja anda.
 Pikul tanggung-jawab secara penuh dan personal terhadap apa yang menjadi hasil kerja kelompok.
 Komunikasikan harapan dan target anda kepada para anggota kelompok kerja anda secara jelas dan spesifik.
 Tentukan apa yang ingin anda lakukan secara personal untuk meningkatkan hasil.
 Libatkan diri anda dalam kegiatan dan kesempatan pengembangan diri yang akan dapat membantu anda dalam meningkatkan kualitas hasil kerja.
 Kenali dan maksimalkan kapabilitas setiap anggota kelompok kerja anda dan berikan sarana serta kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk mengembangkan dirinya.
 Lakukan eksperimen dan inovasi pada tiap situasi yang berada dalam kontrol anda untuk terus berupaya mencari cara-cara baru meningkatkan kinerja kelompok.
 Ukur standar keberhasilan yang tepat dan tingkatkan usaha untuk mencapainya.
 Lakukan langkah-langkah perbaikan dan follow up secara reguler. Hasil pekerjaan tidak akan meningkat tanpa usaha yang berkesinambungan untuk melakukan langkah perbaikan, prosedur kontrol dan follow up.
 Tingkatkan kecepatan kerja kelompok anda.
 Minta masukan dari pihak-pihak lain di dalam organisasi anda tentang cara-cara bagaimana anda dan kelompok anda dapat meningkatkan produk kerja.
 Pastikan bahwa para bawahan dan rekan-rekan kerja, yakin bahwa motivasi anda sebagai pemimpin adalah mencapai hasil yang positif dan bukan untuk kepentingan pribadi.
 Berikan contoh metode dan cara pelaksanan tugas dan upayakan dengan sungguh-sungguh hasil kerja yang ingin dicapai oleh kelompok kerja anda.

Liretarure :
Management Manusia Magazine
(HAY Group Consultant)
Jakarta 2001

No comments: